BEGINNERS TALK: MENG-AMIN-I UCAPAN WARHOL

Di masa depan, setiap manusia akan menjadi terkenal.. dalam waktu 15 menit saja.

2017 ini, data kepemilikan nomor selular oleh masyarakat Indonesia sudah melebih jumlah masyarakat Indonesia sendiri. Setidaknya dari 30 warga, ada 10 warga yang memiliki dua nomer selular. Penetrasi teknologi telefon genggam kepada masyarakat Indonesia sudah melebih batas wajar, jika kita perhatikan ada beberapa bagian daerah di Indonesia yang belum bisa menikmati gelombang frekuensi udara yang pada dasarnya adalah hak bebas dari masyarakatnya, itu dasarnya.

Sedangkan, bagi masyarakat yang memiliki privilege kemudahan akan sinyal 4G, wifi gratis nan cepat, eksistensi dunia maya menjadi panggung yang menjijikan. Kemudahan media mengunggah informasi tidak lagi berlatar belakang informasi valid, komentar masyarakat “netizen” akan informasi tersebut bukan lagi memberikan opini yang bereferensi atau mendalam.

Atas nama ADSENSE lah latar belakang itu berdasar.

Sayapun sedikit merasakan kesenangan ketika eksistensi hadir untuk saya, lewat unggahan saya di kanal media sosial apapun atau bahkan lewat tulisan ini mungkin, dan sayapun merasa jijik dengan kesenangan itu. Panggung yang saya harapkan dari kata-kata Warhol bukan seperti eksistensi fana seperti ini, yang hadir dari komentar sok bijak, lelucon satir, unggahan video amatir berkonten jijik, re-share materi orang lain tanpa kredit.

Mungkin Warhol tersenyum diatas sana ketika tahu kalimatnya teraplikasi jelas di kehidupan saat ini. Internet & media sosial mengamini kata-kata Warhol itu.

tumblr_mes05owdPE1rjicc5o1_500

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s