BEGINNERS TALK: ERA YANG HILANG

Impulsif

Sifat tulisan ini impulsif, setelah web portal opini gratisan ini saya pinggirkan dari jendela browser saya sejak lama, setelah beberapa kewajiban menggali emas diselesaikan, setelah beberapa klip musik dan interview musisi di youtube ditelan dengan mentah, pada akhirnya kembali saya masuk ke portal ini.

Melihat ajakan pembawa acara TV untuk mengakses lagu dari musisi melalui portal-portal musik dengan mengunduh dan/ men-streaming materi musisi. Dari situlah intuisi tulisan ini keluar. Memikirkan bahwa cara-cara yang berbeda untuk mengakses lagu dari dulu sampai sekarang, datang ke pensi sampai dengan scroll atas-bawah hingga jempol kapalan untuk me-refresh postingan musik terbaru.

Kesimpulannya adalah, saya kurang PUAS!

2009 atau 2010, pertama kali saya datang dengan sadar dan membawa ongkos untuk membeli tiket pertunjukkan musik adalah acara yang diselanggarakan oleh “The Think”, salah satu dan mungkin satu-satunya EO musik skena pop di kota Solo. Bertajuk “GOD SAVE THE POP”, dengan headliner Monkey to Millionaire, juga ada Zekhaseli, dan lainnya (saya lupa, udah hampir 10 tahun lalu). Pengalaman yang menarik, datang dengan ekspektasi tinggi, antrian yang cukup ramai, merchandise yang hampir ludes, hingga kengaretan acara karena hujan yang cukup deras. Semua hal itu termaafkan dengan venue yang luar biasa pantas, Teater besar Jawa Tengah menjadi saksi keintiman acara itu, venue indoor dengan standard pertunjukan teater sangat membuat kualitas suara dalam ruangan sangat membekas ditelinga. Semenjak itu “Strange is the song in our conversation” dari MTM selalu masuk playlist dengar saya selama saya hidup di Solo.

Tahun-tahun berikutnya “God Save The Pop” selalu menjadi list even tahunan saya. Mengenal lebih dekat dengan Efek Rumah Kaca, perkenalan langsung saya dengan The Experience Brother dan Morfem menjadi “hadiah” saya selama tinggal di kota itu.

GTSP

Menariknya, setelah rutin datang ke giggs-giggs itu saya malah rajin mengunduh album-album lagu secara ilegal, menyedihkan. Baru setelah mendapat sentilan dari teman terkait apresiasi baru saya berhenti mengunduh. Kebiasaan membeli rilisan fisik menjadi hal rutin bulanan saya ketika saya menghasilkan emas sendiri, dan hasilnya puas luar biasa!

2015 hingga kini, era streaming pun tiba. Didukung dengan akses sinyal telepon genggam yang memudahkan, janji-janji promo provider untuk kemudahan akses aplikasi streaming, hingga kehadiran trend profesi “content creator”. Penetrasi ke masyarakat untuk telepon genggam yang kencang luar biasa melebihi penetrasi TV pun menjadi alasan deras dan efektifnya era streaming ini.

..

..

Oke, jadi begini!

Dengan kemudahan akses modal jempol ini ternyata banyak era-era yang terlewat.

Telinga pengang karena mendengar aksi gitar solo dari “Pandu Fuzztoni”, merinding mendengar lengkingan teriak dari “Colil”, kegelian yang datang karena canda satir “Jimi Multazam”.

Mata berbinar melihat artwork rilisan “ERK” pada Sinestesia, CD bonus Totebag dari “Zekashali”,  kaget karena musik tak berujung dari “tigapagi”, kompilasi luar biasa menarik dari “Radio killed TV Star” dan “Pintu Rejeki Vol.1” dan kehangatan luar biasa dari Omuniuum dan Kineruku selaku tempat langganan saya untuk investasi pada rilisan fisik itu.

Mimpi tak berujung memiliki turn table dengan perangkat suara yang proper, rasa penasaran besar akan artwork yang akan ada didalam rilisan vinyl, ketidaksempurnaan teknologi analog yang melebihi nilai sempurna.

Kesenangan-kesenagan yang dituturkan pada 3 paragraf disana HILANG!! karena kemalasan saya dengan kemudahan streaming di aplikasi-aplikasi gratis ini.

Sial!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s